by Gita Savitri Devi

11/06/2011

Artchipelago 2011

Tahun ini, seperti biasa, PPI Berlin ngadain pentas seni tahunan yang udah sejak tahun 2007 dilaksanain. "Artchipelago" adalah nama yang tahun ini dipilih dan diharapkan bisa terus dipakai di pensi-pensi selanjutnya. Untuk kami, pelajar-pelajar Indonesia domisili Jerman, khususnya Berlin, acara ini dijadikan sebagai ajang silahturahmi dan tentu aja sebagai penyalur bakat-bakat kami. Karena disini kami bisa melombakan band kami, foto-foto kami, dan film pendek kami. Walaupun hadiahnya nggak banyak, yang paling penting adalah senang-senang di perantuan hehehe.

Acara diadain tanggal 29 Oktober 2011 di Kulturfabrik Moabit dan berlangsung dari jam 4 sampai tengah malam. Antusiasme yang diberikan besar banget. Buktinya banyak band yang ikut berkompetisi dan semuanya keren-keren. Dari nge-jazz sampai yang bikin moshing, dari yang ngebikin pingin tepuk tangan sampai ikutan nyanyi, semua ada. Tapi akhirnya Nyombeks and Friends lah yang keluar sebagai band terfavorit. Begitu juga dengan lomba fotografi bertemakan Berlin yang dimenangkan oleh Putra Agung Mahendra,  dan The Intersects yang berhasil menjadi pemenang kompetisi film pendek pada malam itu. Nggak cuma ada kompetisi aja, mahasiswi-mahasiswi jurusan mode desain juga unjuk gigi nampilin hasil rancangan mereka yang bertemakan batik. Karena temanya adalah "Indonesia", nggak lupa pula untuk nampilin tari-tarian khas tanah air. Contohnya adalah tari saman dan tari topeng.
Disela-sela acara, diadain juga Doorprize yang berhadiah voucher makan di restoran-restoran Indonesia di Berlin. Sebagai band bintang tamu pada Artchipelago, Not Called Jinx "menenangkan" hiruk-pikuk penonton dengan akustikannya mereka. Not Called Jinx ini adalah band asal Jerman dengan bassist cowok asal Indonesia yang baru-baru ini ngeluarin album pertama yaitu Phoenix Arising dan habis nyelesain tur Eropa mereka. Pensi kali ini agak beda dari tahun lalu. Karena tempatnya lebih besar, pengunjung jadi merasa lebih nyaman. Kalau mereka lagi bosen ngeliat panggung, mereka bisa ke area bazar untuk makan jajanan-jajanan khas Indonesia atau sekedar duduk-duduk aja. Dengan Conan dan Komeng sebagai pemandu acara, Artchipelago jadi sukses bikin orang ketawa-ketawa karena lawakan mereka.

So, see you guys next year :-)












Share:

No comments

Post a Comment

Show your respect and no rude comment,please.

Blog Design Created by pipdig