by Gita Savitri Devi

5/04/2018

Tulisan Tentang Toilet

Hi folks, how have u guys been doing? I am currently in the Philippines, di suatu pulau bernama Palawan. Kemaren lusa dari El Nido, gue pindah ke Coron yang katanya lebih bagus. Tapi menurut gue pribadi, soal alam tropikal mah Indonesia yang paling mantep.

Beberapa hari ini gue merasakan rasa syukur yang particularly lebih besar karena gue dilahirin dan dibesarkan sama Emak gue. Seperti biasa, gue nggak bilang ke beliau karena nanti malah geer haha. But she did a great job raising me. She's an awesome mother.

Salah satu hal yang diajarin sama beliau dari dulu adalah gue harus mencoba ngertiin orang lain dan jangan melulu minta dingertiin. In short, gue dididik untuk aware sama sekitar. Entah itu orang maupun lingkungan. Apparently that lesson really got into my head. After encouraging myself to meet more people, gue melihat gue punya awareness yang cukup besar dari rata-rata orang yang gue temui.

Hal-hal kecil kayak misalnya nggak mengganggu kenyamanan orang atas keseleboran kita, kejorokan kita, ketidakrapihan kita. Sampai ke tidak mengganggu orang lewat sifat dan sikap kita. Dan yang bikin gue sadar adalah betapa pentingnya mendidik seorang anak untuk punya sifat-sifat tersebut. You know human can be selfish, right? Ternyata banyak manusia yang "egois" bukan karena mereka memilih untuk hidup egois, tapi mereka nggak sadar kalo mereka begitu.

Dari tadi gue ngomong nggak jelas sih. Gue kasih contoh simpel deh nih ya. Misalkan kita ke toilet yang kita tahu akan dipake orang lain a.k.a toilet umum. Sering kali gue ngelihat ada semacam pemberitahuan di dalem cubicle toiletnya untuk meninggalkan toilet dalam keadaan awal; bersih dan kering. Dengan adanya pemberitahuan kaya gitu aja menurut gue sebenernya nggak perlu. Obviously lo harus ngebersihin lagi dong? But in reality, banyak orang yang setelah keluar dari toilet, mereka meninggalkan jejak. Entah tetesan-tetesan air yang berasal dari pan*at atau bagian tubuh lain, tetesan darah kalo misalnya itu orang lagi dapet, atau bahkan bekas tokai karena doi abis boker. 

Nah, orang ini mungkin nggak memilih untuk meninggalkan serpihan tokai di toilet tersebut. Tapi dia hanya nggak sadar ada sisa-sisa kecoklatan yang nempel di sisi-sisi toilet dan nggak kepikiran untuk ngecek dua kali. Ketidaksadaran atau keignoranan ini lah yang menurut gue sangat menyedihkan dan tentunya bikin dumbfounded. Karena buat sebagian orang, itu hanyalah tugas yang mudah. Bukan susah kayak Matematika atau Kalkulus. Lo tinggal pake mata lo, lalu scanning sekitar lo apakah semuanya udah seperti sedia kala karena nanti akan ada orang lain yang pake fasilitas ini. Ya kan? Tapi ternyata buat sebagian orang lagi, hal tersebut nggak gampang. 

Menurut gue sifat atau mentalitas kayak gini lah yang bikin gue suka kesel sama manusia. Jarang ada manusia yang bisa ngerti kalo dia itu hidup berdampingan sama orang. Ini nggak sebatas cuma menjaga kebersihan fasilitas umum lho ya. Yang kayak gini bisa berentet ke urusan lain yang lebih kompleks.

Mulai dari sekarang semoga kita bisa lebih aware sama surrounding. It takes the least effort. Nggak akan bikin lo tiba-tiba miskin atau jadi pegel-pegel karena cape. But it would make the biggest difference.
Share:

109 comments

  1. Sbnrnya sih emak gue gk pernah ngajarin kyk gitu, krna emak gue jga suka asal2an gitu. Tpi gatau kenapa yaa gue udh punya prinsip kyk gitu dri kecil tanpa ada yg ngajarin. Gue selalu membiasakan diri gue untuk mengembalikan sesuatu yg gue pakai atau yg gue sentuh sesuai dgn posisi semula. Dan alhamdulillah sih kebiasaan kyk gitu masih gue jaga amoe skrng

    ReplyDelete
  2. Sama kayak orng yg gak sadar punya kebiasaan nyuruh2 orng tpi ketika disuruh dia ngomel2

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap kadang emang gitu jadi males kadang kalo kita negur. padahal itukan sesuatu yang penting -_-

      Delete
    2. ihh bener banget apalagi mobilnya bagus. ya allah nggak punya mali sama mobilnya yang bersih tapi orangnya nggak bersih

      Delete
  3. Ini sama aja kayak kita buang sampah dari kaca jendela mobil seenaknya, lalu sampahnya kena orang lain. Atau kita buang kulit sampah sembarangan di trotoar karena gak ketemu tong sampah, lalu tiba" orang lain kepeleset gara" kulit pisang dari kita. Gimana gak kesel tuh orang yang kena dampak dari hal tersebut?
    Walaupun maksud kita biar gak mau mengotori tangan kita, kendaraan kita, atau gak ketemu tong sampah terdekat sehingga buang sampah sembarangan biar asal cepat aja, tapi sadar gak yang dilakukan oleh kita mengganggu kenyamanan orang lain, serta mengganggu kenyamanan dan kebersihan kota?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling arrgh, kalo si penumpang mobil, mobilnya kece tp tetep buang sampah sembarangan keluar jendela. Lah dikira sendirian. Miris terkadang, bisa beli mobil tapi kagak bisa beli tempat sampah/kantong sampah, ckck

      Delete
    2. anjir setuju banget!!!
      kesel banget sama makhluk yang bisa mobil tapi mentalnya masih rusak
      masa sampah dari dia, dia buang keluar mobil
      apa susahnya taro di mobil dulu kalo ga mampu beli tempat sampah
      susah kalo mentalnya emang sampah
      sorry, jadi ikutan kesel kalo inget itu...

      Delete
    3. Ini samanya kayak pengendara motor/supir truk /bahkan pengendara mobil pribadi yang masih suka ngerokok di jalanan tanpa mikirin itu abu puntung rokok kemana akhirnya. Dan ga sedikit mata pemotor yang jadi korban abu rokok hhh manusia

      Delete
  4. yang ditunggu-tunggu akhirnya update, makasih untuk tulisannya.

    semoga kita bisa lebih peduli sama apa-apa yg di sekitar kita.

    ReplyDelete
  5. Ah iya, harus bisa ngertiin orang lain, ga boleh egois apalagi di fasilitas umum. Few weeks ago when I went to dufan, ada segerombolan orang yg mau main kora-kora dan tibalah giliran mereka. Tapi karena seat tengah udah dipakai orang lain dan segerombolan tadi ga bisa main bareng2, mereka ga mau maju, diem doang. Alhasil karena keegoisan mereka, orang-orang yg udah duduk di wahana nunggu lama karena petugas ga mau memulai kalau belum penuh, sementara orang-orang yg ngantri juga makin panjang dan ngedumel sendiri. Mending kalau mereka ada omongnya, nyuruh yg belakang jalan dan main duluan, lah itu mereka cuma diem aja ketawa2 sendiri. Yaampun -_- Ya kalau seenaknya gini main di rumah aja

    ReplyDelete
  6. sama kaya mereka yang nggak tau kenapa suka meludah sembarangan di jalanan huhu. padahal bikin yg liat nggak nyaman.

    ReplyDelete
  7. Kita butuh "Kepekaan" yang harus di jemput dan di asah kaya hidayah, gw tau semua orang pasti punya hanya kadang dia lupa karna terbawa habbit kebanyakan orang, dan at least biarpun di toilet yg ada petugas buat bersihin, tetep say thank's yaa sama mereka...magic word itu hal simple yang kadang bisa bikin happy loh..respect, peace, love, and gaul!! ��✌���� #bravountukGitadanMamanya ����

    ReplyDelete
  8. Bener banget sih ini. Gue sendiri pun kadang jd agak jijik kalo masuk toilet umum apalagi yang bentuknya duduk. Bersyukur banget gw kalo dapet yg jongkok jadi bokong gw kaga perlu nyentuh bibir toiletnya. Kalo gue cuma nemu yang duduk dan gue udah gak tahan ngeluarin hasrat fifis dan boker, ya gue biasanya kudu ngecek tuh wc dlu. Sampe gw bukain bibir wc yg duduk itu lho tau kan? Trs gw semprotin sampe serpihan tokai bekas orang pd keluar. YaAllah itu jijik bgt sih kalo dijelasin. Jorok asli. Jangankan ditoilet umum, kadang dikampus aja gw bisa nemuin hal-hal menjijikan gitu wkwk. Sedangkan gw kalo abis dr toilet gw bener2 cekin lg. Klo pake tisu ya dibuang yg bener. Klo lg diluar mending gausah ganti 'roti' dlu daripada yg gw liat orang2 suka buang 'roti' nya sembarangan. Bahkan ada yg dibuang kedalem wc-nya yg jelas2 bisa bikin mampet. Kadang gw mikir gw udah ngelakuin sebersih mungkin biar antrian selanjutnya ga merasakan jijik yang sama kaya yg gw alamin. Tapi kenapa orang sebelumnya ga punya pikiran yg sama kaya gw. YaRabb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gt. Sama gw selalu ngeusahain biar orang yg selanjutnya ga ngerasain kembali kayak kita. Tapi kenapa orang sblebelumnya ga ada mikirin soal that's;(

      Delete
  9. Iya kak gita,suka bingung juga sama sebagian orang yang suka ninggalin "jejak" ditempat umum,padahal kan orang lain juga mau pake😞

    ReplyDelete
  10. Iya kak gita,suka bingung juga sama sebagian orang yang suka ninggalin "jejak" ditempat umum,padahal kan orang lain juga mau pake😞

    ReplyDelete
  11. saya juga pernah ngerasain yang dialami sama Mbak Gita, apalagi saya mengidap OCD dimana sesuatu hal kecil yang tidak sesuai tempat atau dia sedikit "kotor" pun bisa membuat saya panik dan sangat merasa tidak nyaman. Saya berharap kita sebaiknya lebih peduli sama sekitar. terimakasih atas tulisannya

    ReplyDelete
  12. Tbh, nemuin blogmu tu kyak nemuin isi pikiranku yg sesunggughnya kak. Ternyata ada banyak org yg suka kesel yg mungkin dianggap remeh sm orang2. Pernah suatu kali mikir, gue kok jadi org sensitip amat yak. Gini aja bisa bikin darah naik. Tp yah mo gmn, kita care sm lingkungan tp nyatanya ga semua org care sprti yg seharusnya

    ReplyDelete
  13. pernah sih kayak gitu tapi lama kelamaan kok malah seperti petugas kebersihan ya..
    yang lain tinggal pakai. lah trus kita harus bersiin dulu sebelu dan sesudah digunakan.
    akhirnya jadi males deh...

    ReplyDelete
  14. Terima kasih untuk tulisannya ka. Walau disela kegiatan rapat-berjajarmu

    ReplyDelete
  15. Sangat menginspirasi sekali walaupun terkesan sederhana,,tulisan2 atau ucapan2 kak Gita mungkin bisa mengubah diri aku utk jdi lebih baik lagi, bisa positif think,care sama orang lain,,doain aku semuanya supaya aku bisa mensyukuri hidup dengan apa yg aku punya dan ga iri sama orang lain..

    ReplyDelete
  16. Sama kayak dunia kak...
    "Dunia laksana toilet, gunakan seperlunya" :)

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah sih klo aku tipe org yg gasuka sama yang namanya kotor atau emang yang berantakan.tbh tiap aku pake toilet umum dan selalu nemu org yg keluar dri toilet itu yg kondisinya lantai toilet kotor krna sepatu mereka yang kena becekan atau apapun.tpi aku selalu ngebersihin seperti disiram pake air hehe krna yaa selain bersih org yg make stelah aku bisa nyaman juga ga merasa jijik.

    ReplyDelete
  19. Benar, keinginan untuk menjaga orang lain tetap enjoy dan nerasa nyaman di sekitar kita memang sebenarnya nggak susah,dan seharusnya udah semestinya kita lakukan.

    Karena ya itu tadi, kita hidup nggak sendirian mak.. kita hidup bebarengan sama orang lain, bersikap yang baik dan bijaklah dalam hal apapun, kebersihan, kesopanan, amanah dll.

    Paling nggak jaga image diri sendiri, lah.

    ReplyDelete
  20. Pas bgt nih kak,. Jd mnrut kakak, gmn caranya bikin sseorng sadar kalo yg dia lakuin itu trmsk egois? Yah, tnp menyakiti gitu..

    ReplyDelete
  21. Nah, pas bgt nih kak.. Mnrut kakak gmn cara nyadarin org kalo yg dia lakuin itu trmasuk egois? Tnp menyakiti gitu..

    Makasih kak

    ReplyDelete
  22. iyaaa gue setuju banget sama tulisan ini. karena exactly apapun yang kita lakukan itu impactnya sedikit atau banyak akan bersinggungan dengan orang lain. apapun itu.

    ReplyDelete
  23. Iya lo kak, masi ada orang egois tapi dia ga sadar atas perbuatan "egois" nya dia itu .susah kalo uda sama orang yang lebih tua kak, bingung cara ngenyadarin nya yang bener bener ga bikin nyaman orang sekitar.

    ReplyDelete
  24. keegoisan lain yang mungkin tidak disadari adalah ngerokok sambil motoran. asep dan abunya kena pengendara lain di belakangnya. entah karena emang nggak sadar atau emang bodo amat yang penting bisa ngerokok atau emang mereka lupa kalo manusia lain juga bernapas.

    ReplyDelete
  25. Hi gita, gw DM ke IG acc lu ga di read.
    Gw udah setaun ini tinggal di manila, masalah bau pip dan toilet yang ga bersih ini keluhan pertama gw sejak sampai disini. Entah di pinggir jalan, toilet umum, bahkan toilet di kantor client gw kerja pun, sama semua. Kalau gw perhatiin, orang disini emang ga pernah di educate tentang kebersihan bagian 'itu' n juga tempat buang hajat nya. Ga cuma di manila, di arab pun toilet umum nya juga sama ga bersih

    ReplyDelete
  26. Ngga cuma toilet, misal di tempat cucian piringpun kadang ada butiran nasi atau sisa sayur yang nempel bikin risih mata. BUT teteup kudu jaga sikap, apalagi kalo idup dikos-kosan. Masih belum tau caranya negur tuh manusia. Sometimes orang yang ninggalin bekas nasi/tokai di toilet mencerminkan "kejorokannya".

    ReplyDelete
  27. Kak gita, aku juga bersyukur sama orang tua aku yang sudah mengajarkan Hal-hal kecil yang aku gak tau tepatnya semenjak aku umur berapa di ajarin hal-hal kecil tersebut, hal-hal kecil ini kayak nggak mengganggu kenyamanan orang atas keseleboran kita, kejorokan kita, ketidakrapihan kita. Sampai ke tidak mengganggu orang lewat sifat dan sikap kita. Saking bersyukurnya aku di kasih didikan seperti itu Terkadang aku suka rada males aja sama manusia yang "egois" bukan karena mereka memilih untuk hidup egois, tapi mereka nggak sadar kalo mereka begitu. Untuk orang seintrovert kayak aku jelas hal egoisnya orang lain itu bikin akan memalingkan mata saking gak sukanya.gak hanya tentang toilet, tentang sifat contohnya Terkadang orang suka ngomong blakblakan yang tanpa dia sadar dia seperti menghina, atau suka nebeng makanan punya teman, punya duit dan kerjaannya nebeng makanan punya teman, alih-alih katanya pengin icip doang, tapi sampe ngabisin coy, karna apa? Karna dia sayang sama duitny. Okelah sekali dua kali, nah kalo keseringan siapa yang pelit di sini coba? Sampe gak mikir ini yang beli makanan juga pake duit kita gak tau gimana dia nyisipin uang jajannya biar bisa ke sisa buat jajan besok dan hari ini dia bisa kenyang seharian. Bukannya pelit sih, tapi yah itu, si introvert terganggu sama manusia egois kayak gitu yang jelas-jelas punya kelebihan tapi malah nebeng ke yang lain dan ini soal makanan. Hal kecil kayak gini juga di ajarin sama orang tua aku semenjak sebelum TK mungkin, yaitu gak boleh minta makanan ke orang lain apalagi kamu punya duit dan selama masih ada mama papa (padahal keluarga aku waktu itu hidupnya pas-pasan) , makanya aku suka ke ganggu sama orang yang punya kelebihan bisa belanja ini itu tapi makanannya nebeng ke teman, lucu aja sihh kak kalau kerjaannya selalu nebeng makanan padahal orang berada.

    ReplyDelete
  28. Kak gita, aku juga bersyukur sama orang tua aku yang sudah mengajarkan Hal-hal kecil yang aku gak tau tepatnya semenjak aku umur berapa di ajarin hal-hal kecil tersebut, hal-hal kecil ini kayak nggak mengganggu kenyamanan orang atas keseleboran kita, kejorokan kita, ketidakrapihan kita. Sampai ke tidak mengganggu orang lewat sifat dan sikap kita. Saking bersyukurnya aku di kasih didikan seperti itu Terkadang aku suka rada males aja sama manusia yang "egois" bukan karena mereka memilih untuk hidup egois, tapi mereka nggak sadar kalo mereka begitu. Untuk orang seintrovert kayak aku jelas hal egoisnya orang lain itu bikin akan memalingkan mata saking gak sukanya.gak hanya tentang toilet, tentang sifat contohnya Terkadang orang suka ngomong blakblakan yang tanpa dia sadar dia seperti menghina, atau suka nebeng makanan punya teman, punya duit dan kerjaannya nebeng makanan punya teman, alih-alih katanya pengin icip doang, tapi sampe ngabisin coy, karna apa? Karna dia sayang sama duitny. Okelah sekali dua kali, nah kalo keseringan siapa yang pelit di sini coba? Sampe gak mikir ini yang beli makanan juga pake duit kita gak tau gimana dia nyisipin uang jajannya biar bisa ke sisa buat jajan besok dan hari ini dia bisa kenyang seharian. Bukannya pelit sih, tapi yah itu, si introvert terganggu sama manusia egois kayak gitu yang jelas-jelas punya kelebihan tapi malah nebeng ke yang lain dan ini soal makanan. Hal kecil kayak gini juga di ajarin sama orang tua aku semenjak sebelum TK mungkin, yaitu gak boleh minta makanan ke orang lain apalagi kamu punya duit dan selama masih ada mama papa (padahal keluarga aku waktu itu hidupnya pas-pasan) , makanya aku suka ke ganggu sama orang yang punya kelebihan bisa belanja ini itu tapi makanannya nebeng ke teman, lucu aja sihh kak kalau kerjaannya selalu nebeng makanan padahal orang berada.

    ReplyDelete
  29. Ahhh seneng, akhirnya update😊😆😆

    ReplyDelete
  30. Ahhh seneng, akhirnya update😊😆😆👏👏👏

    ReplyDelete
  31. Ngerasa OCD sendiri dirumah apalagi..

    ReplyDelete
  32. persis kaya toilet ditempat kerjaku, banyak orang yang gak peka dengan sekitar . kurang inisiatif juga

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. sehat terus ya kak gita,biar kita bisa baca blog kakak terus.aamiin

    ReplyDelete
  35. Hi gita. gita gak kenal lu git,apalagi lu kenal gua,gak mungkin kayanya. Tapi lu udeh kaya temen gua,kalo baca tulisan ku,suka gua.

    ReplyDelete
  36. Terkadang manusia memang begitu,suka ga peka sama sekitar, dan satu pembelajaran penting kita belajar dari hal kecil, mungkin sepele seperti itu tapi kegunaannya sangat penting

    ReplyDelete
  37. Hii ka Gita, terkadang manusia memang begitu suka ga peka sama keadaan sekitar.

    ReplyDelete
  38. Kak, keliling negara-negara orang terus sih. Lo yang keliling, gue yang terharu. Kakak gue bukan, apa bukan ya padahal :")

    ReplyDelete
  39. Kak gita, suka nonton mahabrata gak?

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Salam. I'm lowkey fan from Philippines. I'm a Filipina-Muslim and I subscribe to your channel. I dont understand Indonesian language but i hope there is a way you can have your videos subtitled with English. Cheering for you! :)

    ReplyDelete
  42. setuju sama pemikiran kamu Gita,terkadang juga banyak orang yang ngaku bahwa orang itu sadar keadaan sekitar tapi untuk sekedar bersihin toilet pas selesai digunain aja gak bisa...

    ReplyDelete
  43. bener banget ini kak dan juga gak cuma toilet aja kak ternyata musholla atau masjid yang menyediakan mukenah juga sering begitu, yang pake make up kadang suka kena sampe ke mukenahnya:( dan kadang juga kita suka gak sadar itu. pemikiran yang sangat sangat bagus kak gita!! semangat terus kak

    ReplyDelete
  44. Setuju banget sih sama tulisan ini, kalau aku mah kadang malas aja pake toilet umum kalau ngak mendesak banget dan klau masih bisa ditahan mending sampai rumah aja lah.
    gw juga pernah baca kayak meme gitu,katanya apa yang kita lalukan didalam toilet itu kayak misi rahasia, jadi ngak boleh ninggalin jejak.

    ReplyDelete
  45. Gw jg pernah baca sebuah meme gitu, katanya apa yang kita lakukan di dalam toilet itu kayak misi rahasia, jadi ngak boleh ninggalin jejak.

    ReplyDelete
  46. beda lagi kak. kalo di China, di Tiongkok itu punya budaya tersendiri, budaya adalah orang kalo habis buang air besar, yang nyiram orang setelahnya. AHAHAHAHAHAHAHAHA
    Tepatnya di toliet umum. Terutama di Destinasi liburan yaa spt di Forbidden city,Tembok china dll..
    btw gatau bener apa ngga(karna gue blm pernah kesana) cuma gue sering liat info yg kayak gini-gini dibanyak media sosial.

    ReplyDelete
  47. beda lagi kak. kalo di China, di Tiongkok itu punya budaya tersendiri, budaya adalah orang kalo habis buang air besar, yang nyiram orang setelahnya. AHAHAHAHAHAHAHAHA
    Tepatnya di toliet umum. Terutama di Destinasi liburan yaa spt di Forbidden city,Tembok china dll..
    btw gatau bener apa ngga(karna gue blm pernah kesana) cuma gue sering liat info yg kayak gini-gini dibanyak media sosial.

    ReplyDelete
  48. Gw mah suka kesel tuh sama orang2 yang gak aware, even itu hal yang sepele. dan naasnya itu kadang-kadang temen kita malah bilang "yaelah, cuman gitu doang!"
    kesel level pol dah!

    ReplyDelete
  49. Pernah kejadian gitu sih kak git, siapa coba yang mau gantiin posisi sebagai tugas dia ya karna penyebabnya emang dia. Ngeselin sih, alhasil tinggalin aja. Pindah ke yang lain_-

    ReplyDelete
  50. jangankan di toilet umum, Di toilet kantor aja sering banget nemu hal kaya gini. Sampe kesel sendiri. Yang sering itu, tetesan air seni dan jejak sepatu di bibir toilet duduk. Rasanya mau nangis tiap masuk ke toilet kantor trus nemuin hal begituan.

    ReplyDelete
  51. kbanyakan orang emg bgitu ya....gk kerasa klo dirinya sendiri itu selfish...begitulah dunia, ada hitam putihnya

    ReplyDelete
  52. bener banget. kadang kebiasaan kita itu yang mencerminkan pribadi kita..
    kenapa mereka nyaman ya sama prilaku kaya gitu hahaha.. menyedihkan

    ReplyDelete
  53. Akhirnya kesampean untuk main ke blognya kak gita. Baru ekali baca udah sukaak aku hehe

    ReplyDelete
  54. lahhh
    yang kek gini di terminal mah banyakkkk
    wakakakak

    ReplyDelete
  55. Assalamualaikum ka gita.
    Ka, menurut opini gua nih, manusia itu sebenarnya sudah diciptakan dalam keadaan ia mencintai "kebersihan" baik kebersihan itu bersifat agamis, pendidikan, social, atau hal-hal lainnya. Hanya saja ada beberapa factor yang membuat dia merasa bahwa hal "bersih" itu tidak terlalu penting, karna rasa dia ini atau seakan-akan dia tidak peduli dengan apa yang ada disekitarnya, tumbuh dalam diri rasa egois dan merasa ia tidak perlu mengurusi masalah-masalah seperti itu, biarkan semua orang mengurus apa yang sudah menjadi tugasnya, Bahasa kasarnya ( lu ya lu dan gua ya gua). inilah salah satu pemikiran atau ideology yang menurutku salah, karna apa ? manusia sering meremehkan sebuah ideology yang pada dasarnya ideology itu dapat merubah pemikiran orang tersebut atau jutaan orang yang ada di bumi ini.
    doktrin-doktrin pun sangat berpengaruh dalam merubah kepribadiaan seseorang menjadi orang yang egois atau tak peduli dengan akibat yang ia perbuat, padalah kita tau bahwa sebab dan akibat tak pernah berpisah.
    gua fikir, kita harus mengoreksi diri kita terlebih dahulu, terutama masyarakat Indonesia, tak perlu marah ketika orang lain mencoba merubah kita menjadi lebih baik, asalkan ia melakukan perubahan dengan cara yang baik.

    thanks ka gita.... success buat karir dan sekolahnya
    katapengganti.blogspot.co.id / .com

    ReplyDelete
  56. Kak gita bener banget! kadang manusia butuh kesadaran dan kepekaan, emang susah kalo nggak benerbener dari diri sendiri untuk punya kesadaraan dan kepekaan. Tapi ini tulisan keren banget.. dari judul TOILET bisa ngecover yang namanya arti kesadaraan dan kepekaan. KAK GITA SUKSES TERUS YAAA!! <3

    ReplyDelete
  57. iya banget nih....
    sepele tapi penting buat diperhatiin

    ReplyDelete
  58. Halo kak Git..
    Ikutan komen yak wkwkwk..
    Kalo aku sering ngerasain soal 'sampah'sih. Astaga.. tong sampah itu cuman selisih beberapa meter dari meja kami, tapi tetaap saja itu sampah ditinggal di meja. Atau di lain waktu, tidak ada tong sampah terdekat. Jadi sampah ditinggal begitu saja di jalan. Dilempar sekenanya. Kan jadi ingin nangis 😣😣😣 padahal, apa salahnya menyimpan sebentar di tas, bukan? 😥😥😥

    ReplyDelete
  59. Itu dong ka bagi bagi tips buat yg mau nulis blog kaya kaka

    ReplyDelete
  60. Salam. I have watched your recent vlog in Subic. If you are given the chance to come back in the Philippines, I hope you will reach the south where many Muslim communities of different tribes are located. Have you heard about the Marawi siege which broke out a year ago? It's in the deep southern part of the Philippines. Should you have more reach out programs or missions, please do come if there is any way you can help victims of war especially the kids who have lost their homes and madrasahs. Jazakkalahu khayran. Eid Mubarak! More power to you.

    ReplyDelete
  61. nah bener banget, kebanyakkan mereka ngak sadar gitu.

    ReplyDelete
  62. Langsung kebayang gimana cara ka gita ngomong "tokai" dengan nada ngga suka kayak di video hahaha

    ReplyDelete
  63. Hi kak Gita:)aku suka stalking kak Gita..kak Gita adalah salah satu motivator ku untuk selalu berbuat baik kapanpun dimanapun dan untuk siapa pun..tetap menginspirasi ya kak :)) semoga aku bisa kayak kak Gita yang punya banyak pengalaman hidup bareng orang dari banyak negara :))semangat kak Gita!!

    ReplyDelete
  64. lets begin with our-self..
    gue harap banyak yg baca tulisan ini, esp manusia yg bersifat selfish~

    ReplyDelete
  65. Semoga sekarang udah sehat y git.. ammiin
    W baca ini ngangguk2. Mikir. Apa sikap w banyak buat orang kesel jg y?

    ReplyDelete
  66. https://youtu.be/66-M2uzyIdE

    Semoga ditonton😊😊

    ReplyDelete
  67. Bahkan ada yang dalam keadaan sadar melakukannya kak.. alias sengaja. Mungkin malas bisa jadi salah satu motifnya?��

    ReplyDelete
  68. Bahkan ada yang melakukammya dalam keadaan sadar, kak.. alias sengaja. Mungkin malas bisa jadi salah satu alasannya?

    ReplyDelete
  69. Nggak pernah liat bekas tokai sih kak. Tapi hal yang paling ngganggu buat gue adalah bau setelah boker. Pas gue masuk setelah orang lain, baunya yang darrr! Beberapa detik gak nafas dalam toilet. Its something make me drunk. Kalo gue istilahnya setelah boker gue diem bentar dulu, semprot pengharum, semacam parfum. Kalo nggak ada pengharum ya gue siram terus supaya baunya bener2 ngilang

    ReplyDelete
  70. Ya begitulah manusia didunia. pasti ada sisi positif dan negatifnya dan keduanya itu selalu ada agar hidup kita balance. selalu ada yang diatas dan selalu ada yang dibawah dan itu ga selamanya begitu. dan ga selamanya begitu, roda pasti berputar. yang terpenting sih bagaimana kita didunia dengan bekal yang udah ditanam dan pentingnya berpedoman pada agama.

    ReplyDelete
  71. ka gitaaaaa, aku selalu suka baca blog nya ka gitaaaa selalu suka nonton vlog di youtube, selalu menginspirasi. salam kenal dari aku. semoga bisa bertemu ka gitaaaaa.

    ReplyDelete
  72. bener banget ka git, kadang emang banyak orang yang sebenernya ga sengaja ninggalin jejak, tapi manusiawi mungkin lupa. dan kita yang nyadar tentang hal itu kadang suka gak enak gitu buat negur, itu kira kira enaknya gimana ya kak?

    ReplyDelete
  73. Keren tulisannya... anyway ini agak out of topic sih, tapi gimana cara nge-custom blogspot supaya bisa seperti ini? sampai ada list sosmed yang bisa di follow dibagian kiri? thanks

    ReplyDelete
  74. Ya, aku juga sangat kesal dengan orang-orang yang merugikan orang sekitar semacam ini kak ...
    salam kak
    http://www.beeoni.id/

    ReplyDelete
  75. Sering nonton vlog nya ka Git,sekarang pertama kali baca blog nya kaka sampe selesai. dari yang dipaparkan sih semoga orang-orang yang belum sadar bisa tersadarkan termasuk gw yang sikap kebersihan nya naik turun

    ReplyDelete
  76. bener banget nih kak! so i like it :)

    ReplyDelete
  77. Susah sih kak kalo emang dari diri sendiri aja gak mau mulai buat nerapin sikap mendisiplinkan diri. Susah buat peka. Maunya sama terus kaya orang2. "Dia aja gapapa begitu..." hm

    ReplyDelete
  78. Can't agree more!. semoga yang kayak gitu-gitu segera tercerahkan lalu sadar bahwa hidup gak cuma die doang.

    ReplyDelete
  79. nah bener mbak, saya juga suka kesel kalau ada kayak gitu,

    ReplyDelete
  80. Pantes aja kenapa aku selalu triggered sama tulisan2 sepele yang bikin mikir "yhaelah gak ada yg bakal ngelanggar juga kali gausah sampe ada tulisan kaya gitu" ternyata hal itu terjadi karena ada sebagian orang egois yang gak nyadar kalo sbnrnya mereka itu egois.kaya misalnya "tutup kembali setelah digunakan" yaa masa gue biarin kebuka gitu aja. Dan ternyata memang ada sebagian orang yang gak peduli sama lingkungannya. Aku pribadi emang dididik gak begitu banyak arahan langsung dari bokap nyokap. Tapi untuk hal-hal semacam memastikan toilet bersih setelah aku gunakan yaa aku paham. Just hope that I never forget it. Just hope that we always remind it. Thanks kak gita. Thanks mamahnya kak gita. Suka pengen ketemu deh sama great mom kaya mamah kakak.

    ReplyDelete
  81. Karena orang-orang itu berpendapat bahwa ngebersihin toilet udah ada petugasnya, jadi mereka cuek aja dan nggak peduli sama kebersihannya dan nggak sadar kalau perbuatannya itu bakal merugikan orang lain, kayak orang yang ngelanggar rambu lalu lintas dan berkendara dengan sembrono seringkali nggak sadar kalau mereka membahayakan orang lain, yang dipikirin cuma diri sendiri dan kepentingan sendiri, manusia meang egois,,,

    ReplyDelete
  82. baca itu kok ngena di hati ya . suwun mbak uis di elingke. 🀣🀣

    ReplyDelete
  83. kata-kata, "it takes least effort but would make biggest difference". Super wow!

    ReplyDelete
  84. Thanks git, lo bener bener menginspirasi banyak orang

    ReplyDelete
  85. Intinya sih mereka kurang bertanggungjawab,mementingkan kenyamanan sendiri tanpa mementingkan kenyamanan orang lain.. Kadang disini orang yg OCD dibutuhkan,biar mereka selalu mengecek ulang hal yg mereka kerjakan atau lakukan.. Mungkin itu ada di diri gue haha yg selalu menyimpan semua barang di tempatnya dan selalu mengecek ulang setiap hal yg gue kerjakan haha...
    Thank kak git buat sharingnya :)))

    ReplyDelete
  86. Intinya sih mereka kurang bertanggungjawab,mementingkan kenyamanan sendiri tanpa mementingkan kenyamanan orang lain.. Kadang disini orang yg OCD dibutuhkan,biar mereka selalu mengecek ulang hal yg mereka kerjakan atau lakukan.. Mungkin itu ada di diri gue haha yg selalu menyimpan semua barang di tempatnya dan selalu mengecek ulang setiap hal yg gue kerjakan haha...
    Thank kak git buat sharingnya :)))

    ReplyDelete
  87. Iya, emng bener banget sihh ....

    ReplyDelete

Show your respect and no rude comment,please.

Blog Design Created by pipdig