by Gita Savitri Devi

12/30/2018

Thank you, next.

Tulisan terakhir di tahun 2018 ini saya dedikasikan untukmu, Gita.

Terima kasih karena sudah menjadi pribadi yang selalu memiliki rasa ingin tahu, ingin mengerti, dan tidak mudah menerima begitu saja semua tradisi dan hal-hal yang kamu temui. Semangatmu untuk terus belajar dari apapun dan siapapun tidak pernah padam karena untukmu, dunia bukan sekadar untuk dihidupi dan dialami, tapi juga dipelajari.

Terima kasih karena sudah memilih untuk berteman dan menghargai orang-orang di sekitarmu. Tanpa melihat warna kulitnya, agamanya, ataupun dari mana dia berasal. Aku sangat menghargai keputusanmu untuk menjadi pendengar, merangkul, dan bersuara ketika ada orang yang tersakiti. Ketika banyak orang di dunia ini yang egosentris, berteriak-teriak di depan muka orang lain bahwa kebenaran hanya dimiliki oleh mereka, dan bahkan menyakiti hati manusia lainnya, kamu tanpa kenal lelah terus memperjuangkan keadilan bagi semua orang di dunia yang carut-marut ini sesuai kemampuanmu.

Terima kasih karena sudah bergabung dengan barisan orang-orang yang ingin mengubah dunia. Entah berapa banyak orang yang berkata bahwa itu hanya mimpi belaka. Entah ada berapa orang di luar sana yang menganggap dirimu keras kepala. Tapi kamu tetap percaya, walau harus mendapat ribuan hujatan di luar sana.

Butuh keberanian untuk bersuara saat dirimu tau akan ada banyak anak panah dilontarkan kepada dirimu. Butuh keberanian untuk bersuara saat dirimu tau akan ada banyak orang yang mencoba membungkam mulutmu. Tapi kamu ternyata lebih kuat dari yang kamu bayangkan. Cacian demi cacian, fitnah demi fitnah, kesalahpahaman demi kesalahpahaman. Segala perkataan yang meremehkan dan menghinamu, semuanya kamu hadapi tanpa membuatmu jadi mengurung diri. Kamu tetap berdiri bahkan lebih tegak lagi. Terima kasih karena sudah menjadi wanita yang berani.

Di dunia yang misoginis ini, tidak jarang kamu disalahkan karena kamu tidak sesuai dengan stereotip gender yang mereka tau. Mereka tidak terbiasa melihat wanita yang lantang menggunakan suaranya untuk kebaikan. Teguhnya pendirianmu pun disalahartikan. Kepalamu keras, seperti batu katanya. Kamu dianggap selalu merasa paling benar dan sulit menerima kritik mereka yang sarat akan makian. Kamu yang bersuara jika ada orang menginjak harga dirimu, dianggap terlalu sensitif dan emosional seperti wanita yang sedang sindrom pre menstruasi.

Gita, jangan takut untuk selalu menjadi dirimu.
Kamu yang tangguh,
kamu yang gigih,
kamu yang blak-blakan,
kamu yang benci ketidakadilan,
kamu yang benci kezaliman.
kamu yang peduli pada kemanusiaan.
kamu yang ingin membuat dunia sedikit lebih baik.

Jangan berubah hanya karena ingin menyesuaikan keinginan mereka.
Jangan berubah hanya karena mereka tidak bisa mengerti dan menerimamu apa adanya.
Jangan berubah hanya kamu merasa kamu terlalu aneh dan tidak seperti stereotip wanita pada umumnya.
Jangan berubah hanya karena mereka bilang kamu tidak cukup baik untuk lingkunganmu maupun agama.
Jangan meminta maaf untuk sesuatu hal yang tidak kamu lakukan.
jangan meminta maaf karena kamu sudah melakukan kebenaran.

Gita, Ibumu pernah bilang untuk tidak tinggal diam jika melihat suatu kesalahan. Tetaplah pada pendirianmu. Tetap lanjutkan perjuanganmu. Tetap percaya pada keyakinanmu walau kamu harus mengorbankan dirimu.

Gita, terima kasih sudah mengizinkanku untk belajar dari dirimu. Aku ingin kamu dan aku bisa terus maju sampai Tuhan memerintahkan malaikatNya untuk menjemput dan mengantarkan kita ke tempat yang lebih baik, lebih damai, dan lebih tentram ketimbang dunia memuakkan ini.
Share:

142 comments

  1. Semangat terus kak gita, jangan patah semangat untuk menyuarakan kebenaran dan keadilan, jangan hiraukan orang yg menghujat kak gita, jadilah diri kak gita sendiri. Semangat :)

    ReplyDelete
  2. Semangat Git, sukses untuk kita semua yang tetap menyerukan kebenaran dan berusaha membalas kebaikan semesta!

    ReplyDelete
  3. Terimakasih ka gita, untuk semuanya. Aku terinspirasi dengan semua kegigihan ka gita untuk menjadi muslim yang kuat dan peduli sesama. Walaupun terkadang aku merasa kita berbeda pendapat dalam beberapa hal. Tapi itu wajar, karena kita hidup dimana bahkan sidik jari kita tidak ada satupun yang sama. Dan terkadang perbedaan itu justru membuat kita 'lengkap' dalam menjalani kehidupan ini. Jadi daripada kita sibuk mengurusi kekurangan orang lain, akan lebih bijak kita kita mengoreksi diri kita sendiri. Thanks ka gita🖤

    ReplyDelete
  4. Terima kasih kak Gita, karenamu aku terinspirasi untuk berani melangkah, untuk berani keluar dari zonaku, untuk bisa lebih memandang bahwa kita harus mengerti bukan sekedar tau, dan lebih mengerti sisi seorang "introvert"

    Memang kak Git, perubahan yang kita lakukan itu seringkali dianggap "gak mungkin" bagi segelintir orang, apalagi kalo kita udah ke"labelling", bakal sulit orang percaya. Kadang suka sebel liat orang yang kyk gt, seolah-olah mereka "paling benar" dan kita "salah". But, aku percaya selagi apa yang aku lakukan benar dan tak meyalahi syari'at agama, it's okay.

    Dan aku percaya, bahwa kak Gita adalah salah satu dari sekian pilihan dariNya untuk membuat perubahan. Karena aku percaya bahwa intovert bukan berarti "Kutukan" melainkan "Bagaimana usaha kita mengolah dan menggunakan karunia Allah"
    Terima kasih telah menginspirasiku

    ReplyDelete
  5. Terima kasih kak Gita, karenamu aku terinspirasi untuk berani melangkah, untuk berani keluar dari zonaku, untuk bisa lebih memandang bahwa kita harus mengerti bukan sekedar tau, dan lebih mengerti sisi seorang "introvert"

    Memang kak Git, perubahan yang kita lakukan itu seringkali dianggap "gak mungkin" bagi segelintir orang, apalagi kalo kita udah ke"labelling", bakal sulit orang percaya. Kadang suka sebel liat orang yang kyk gt, seolah-olah mereka "paling benar" dan kita "salah". But, aku percaya selagi apa yang aku lakukan benar dan tak meyalahi syari'at agama, it's okay.

    Dan aku percaya, bahwa kak Gita adalah salah satu dari sekian pilihan dariNya untuk membuat perubahan. Karena aku percaya bahwa intovert bukan berarti "Kutukan" melainkan "Bagaimana usaha kita mengolah dan menggunakan karunia Allah"
    Terima kasih telah menginspirasiku

    ReplyDelete
  6. Aku sering nulis diary seolah-olah aku ngobrol dengan diriku sendiri untuk menguatkan dan menyemangati diri sendiri. Karena aku percaya hal itu lebih baik daripada mengeluh ke manusia lain. Semangat terus kak Gita.

    ReplyDelete
  7. perkataan seorang ibu itu memang ajaib, true af!

    ReplyDelete
  8. Kak gita ada buku namanya "tentang manusia" mungkin kak gita akan suka

    ReplyDelete
  9. Terimakasih ka gita, selama ini udah menginspirasi aku membuatku open minded , semangat ka gita 😄

    ReplyDelete
  10. You have such a strong point of view, kak.
    To be honest aku sedang berada di fase yg membingungkan. Aku merasa aku seperti kakak. Aku menyuarakan pendapat ku. Tapi pelan2 aku sadar beberapa dari mereka menjauh. Kadang aku bingung, apakah aku yg salah? Kadang aku tahu bahwa merasa bersalah adalah satu step yg juga tidak salah. It's one step closer to be more humble.

    Aku kagum, karena yg membuat kakak tetap teguh adalah your strong opinion. Orang2 yg objektif biasanya memang lebih keras kepala (Bukan hal yg negatif). Ketika kita memilih satu trait, kita akan kehilangan trait lainnya. Belakangan aku bingung bagaimana caranya agar tetap objektif, tapi tetap satu frekuensi dengan yg lain. I have so many biases. That's why I adore your persistency.

    ReplyDelete
  11. semnagat kak gita. thnks untuk sharing selama ini yang selalu menginspirasi.

    ReplyDelete
  12. memahami pemikiran anak perempuan melalui seorang gita. sebab saya ibu dr seorang anak perempuan. terimakasih gita.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Sangat kagum sama orang yang menjadikan dirinya panutan dan segalanya dalam hidupnya

    ReplyDelete
  15. Thanks kak git, berkat tulisanmu aku terinsprisai ^^

    ReplyDelete
  16. Kamu lebih baik dari pada apa yang kamu dan mereka pikirkan, Kak Gita!:)

    ReplyDelete
  17. Terimakasih kak gita. Sering banget menginspirasi dalam pemikiran2 yg luarbiasa.

    ReplyDelete
  18. Untuk Ka gita, Tetap semangat dan janga mudah menyerah, selalu berikan yang terbaik karena masih banyak diluar sana yang selalu menunggu karya karya ka gita.... Semangat ka gita!!!!!

    ReplyDelete
  19. Terima kasih untuk semua inspirasi!✨💙

    ReplyDelete
  20. Salam buat Ibunya Kak Gita. Jangan pernah bosan menularkan virus kebaikan, kak.

    ReplyDelete
  21. Terimakasih ka gita Atas pengorbanan yang telah kamu lakukan. Kamu pernah bilang. Berbuat baik itu adalah dengan BERKORBAN. Kamu sudah dan selalu melakukan itu. I'm proud of u. Aku belum bisa setegar dirimu. Saat aku ingin membela dirimu yang telah terjadi cap jelek di dunia ini. Dikatakan sahabat dan teman-teman ku. Aku hanya bisa diam dan mendengarkan ketidak setujuan mereka atas semua pemikiranmu. Tapi aku tidak berhak sedih. Kamu yang notabene sebagai objek nya saja sekuat dan setangguh ini. Aku harus tangguh juga dong tentunya. ♥️

    ReplyDelete
  22. Thanks for inspiring me kak Git❤ semakin berani menjadi diri sendiri tanpa harus menyesuaikan dg standar masyarakat

    ReplyDelete
  23. Semangat berkarya ka git😊 aku padamu:)

    ReplyDelete
  24. Terimakasi sudah menginspirasi banyak orang

    ReplyDelete
  25. Thanks git! You’ve done well ❤️

    ReplyDelete
  26. Thanks kak git.. kata-katamu selalu menginspirasi

    ReplyDelete
  27. Kak git, tetap kuat dan semangat��

    ReplyDelete
  28. terimakasih udah menginspirasi banyak orang termasuk aku ka gita^^
    aq terharu bacanya btw

    ReplyDelete
  29. Kak git, tetap kuat dan semangat🖤 we love you

    ReplyDelete
  30. Terimakasih kak gita atas segala kebermanfaatan yang sudah disebarkan, semoga Allah makin sayang sama ka gita dan keluarga..

    Semangat terus,
    sebarkan walau 1 ayat :*

    ReplyDelete
  31. Semangat kak Gita!! Terima kasih telah menjadi inspirasi untuk aku yg masih labil ini. Sehat dan bahagia selalu yaa kak. Allah bless u.

    ReplyDelete
  32. Terus Semangatt ka gita🖤 jangan pedulikan semua komentar julid, Rasullullah SAW pun dulu saat menebar kebaikan pernah dijadikan bulan - bulanan seluruh kota, tapi tetap teguh untuk menebar kebaikan. Jadi tetap menebar kebaikan ka gittt🖤

    ReplyDelete
  33. Terima kasih kak Gita yang sudah membuat pikiran ku terbuka, tetap semangat, Allah akan selalu bersama ka Gita✨

    ReplyDelete
  34. Terima kasih ka Gita, kamu salah satu orang yang sudah membuka pikiran ku yang asalnya dangkal ini menjadi luas, semangat terus dan semoga Allah selalu bersama kak Gita✨

    ReplyDelete
  35. Terima kasih ka Gita, kamu salah satu orang yang sudah membuka pikiran ku yang asalnya dangkal ini menjadi luas, semangat terus dan semoga Allah selalu bersama kak Gita✨

    ReplyDelete
  36. Dear.. Ka Gita,
    Makasih, pokonya thank you, danke! 🤗

    ReplyDelete
  37. Thank you kak Gita��
    Terima kasih telah menginspirasi dan terimakasih atas segala kebermanfaatan yang telah disebarkan ��
    I adore u kak git����

    ReplyDelete
  38. Terima kasih, kak. Tetap semangat untuk berkarya lebih di tahun-tahun berikutnya.

    ReplyDelete
  39. Terimakasih kakgit karena sudah sangat menginspirasi .. Terimkasih karena kakak aku jadi lebih berani jadi diri sendiri tanpa mikirin standard yang ada dimasyarakat, berani keluar dari zona nyaman,dan lebih percaya sama kemampuan diri, terimakasih karna kata-kata kakak selama ini benar-benar memotivasi dan memberi kekuatan. Tetap semangat kakgit.. Tetap kuat karna kakak sangat berarti, you've done well kak git ,we love you ♡♡

    ReplyDelete
  40. Thankyou kak gita sudah memberikan hal hal positif yg enak di baca dan di cerna di blog mu ini, sehat selalu sama teman hidupnya aamiin

    ReplyDelete
  41. Selalu semangat kak gitaa. Makasih sudah menginspirasi aku dan banyak orang lain di luar sana. Semoga kakak selalu di beri kesehatan. Love u❤

    ReplyDelete
  42. Terimah kasih juga kak gita, karena sudah membuka lebar pikiranku dan membuatku sadar dunia itu begitu luas. Tidak semua hal itu tentang diriku sendiri tapi masih ada orang lain yang bisa aku rangkul. :) don't give up kak git..

    ReplyDelete
  43. Terimakasih kak Gita. Semoga Allah selalu menyayangi setiap langkah kakak dan ka paul beserta keluarga. Banyak hal baik yg ku ambil dari cara berfikirmu kak. Jikapun ada yg tidak ku sepakati, lantas ga membuat ku langsung membenci dan mencaci maki. Aku percaya semua org yg mendukung mu bukanlah buta, bukanlah sekedar anak2 baru gede yg tak bisa memilah mana yg benar mana yang salah. Semoga kita selalu bersedia untuk berbenah dan memperbaiki diri dan bermanfaat untuk sekitar. Aamiin

    ReplyDelete
  44. Suka sekali ka Gita. I love how you writing in this blog, and It remind me a lot of me thankyou for sharing your idea your thoughts and bring goodness to people surrounding you. Hope you have a bless life through 2019. Terimakasih sekali lagi ka Gita!

    ReplyDelete
  45. Terima kasih atas inspirasi dari kak gita selama 2018 ini. Fighting kak git!!

    ReplyDelete
  46. Terimakasih sudah menginspirasi kak🖤

    ReplyDelete
  47. My 3 minutes reading and understand this blog is not pointless, instead, it gives me huge motivation to do more of positive actions. Thank you kak Gita, here is a love for you from Surabaya! Happy new year :)

    ReplyDelete
  48. I am simply thankful for your existence. terima kasih udah menginspirasi orang-orang untuk mulai berbuat baik ke society, men-challenge diri sendiri untuk keluar dari zona nyaman dan bertemu serta berdialog dgn orang-orang, dan terus berusaha untuk menyuarakan hak-hak manusia sesuai batasan.

    ReplyDelete
  49. Tetap semangat ka gita!! Dunia butuh orang" kaya ka gita. Keep inspiring, gue harap banyak orang2 yang menemukan dirinya, byk org2 yg buka mata dan pikiran seluas-luasnya and start to speak up about the truth/ to fight unjustice sesuai kemampuan diri masing". :)

    ReplyDelete
  50. Tetap semangat ka gita!! Dunia butuh orang" kaya ka gita. Keep inspiring, gue harap banyak orang2 yang menemukan dirinya, byk org2 yg buka mata dan pikiran seluas-luasnya and start to speak up about the truth/ to fight unjustice sesuai kemampuan diri masing". :)

    ReplyDelete
  51. Tetap semangat ka gita!! Dunia butuh orang" kaya ka gita. Keep inspiring, gue harap banyak orang2 yang menemukan dirinya, byk org2 yg buka mata dan pikiran seluas-luasnya and start to speak up about the truth/ to fight unjustice sesuai kemampuan diri masing". :)

    ReplyDelete
  52. Tetap semangat ka gita!! Dunia memang butuh orang" kaya ka gita. Keep inspiring, gue harap banyak orang2 yang menemukan dirinya, byk org2 yg buka mata dan pikiran seluas-luasnya and start to speak up about the truth/ to fight unjustice sesuai kemampuan diri masing". :)

    ReplyDelete
  53. "Kamu ternyata lebih kuat dari apa yang kamu bayangkan.", terima kasih kak Git. Tetap semangat dan always be urself. So inspired! Malam tahun baru baca writing kak Git is so priceless. Thank you for giving us spirit by reading your writing. Ganbatte!

    ReplyDelete
  54. Terima kasih udah terlahir menjadi gita savitri kak !!
    I’m so proud of you, terus menginspirasi�� Semoga kakak selalu di beri kesehatan, Amin ��

    ReplyDelete
  55. Terima kasih sudah terlahir menjadi gita savitri, I always proud of you👌 Aku yg turut marah dan bahkan nangis liat orang2 yg jahat sama kakak, tapi ngelihat semangat kakak aku senyum lagi, semoga kakak selalu di beri kesehatan sama Allah, dan tetap jadi gita savitrii 😉

    ReplyDelete
  56. Terima kasih banyak juga kak telah memberikan banyak perspektif, pengetahuan dan konten positif untuk mengisi otak saya yang terus membutuhkan makanan baik untuk di konsumsi, terus berkarya kakgit!!

    ReplyDelete
  57. Terima kasih ka sudah jadi salah satu orang yang menginspirasi aku untuk jadi diri aku sendiri diantara orang orang yang mencoba menakut-nakuti aku untuk tidak menjadi diri aku sendiri :)

    ReplyDelete
  58. Terima kasih kak Gita❤ you will do good in the world❤

    ReplyDelete
  59. Thank you Gita sudah menginspirasi. Walau kadang banyak yang misinterpretasi, semoga semuanya bisa sama-sama tabayyun. Bisa sama2 saling muhasabah diri. Semangat terus Gita mendalami Islam, semoga di Jerman sana senantiasa dikelilingi orang-orang saleh. Karena pasti menjalani Islam di negeri yg bukan mayoritas islam perjuangannya lebih berat. Jadi inget Zayn Malik, yang diberitakan udah gak memeluk Islam lagi :( #maaprandom

    ReplyDelete
  60. Terima kasih gita krn telah mengizinkan kami mengenalmu melalui vlog2 dan buku yang kamu tulis. Tetap semangat, semoga Allah SWT senantiasa merahmati. Amin.

    ReplyDelete
  61. thankyouu gitaa, semangatt teruss. dunia yang memuakkan ini butuh orang yang seperti kamuu ❤️��

    ReplyDelete
  62. Terimakasih kak git, video2nya kakak, tulisan2 kakak semuanyaa mengubah aku jd pribadi yang lebih baik. Semangat terus ya kak! Sukses selalu! Tetep jadi pengaruh positif buat kami dan mengajarkan hal2 baik yg banyak org ga aware. Kita tetep disini ada buat kak gita ngelurusin kesalahpahaman org ttg opini2 kakak, semangat! ��

    ReplyDelete
  63. Terimakasih kak! udah ngajarin kami value2 ttg hidup, udah jd org yg selalu spread positivity! Semangat terus buat kak gita 🙂 kita masih disini dan akan tetap disini, ada buat kakak, nge support kakak, ngelurusin org2 yg salah paham ttg opini kakak! World need someone like you seriously.. Di tahun ini kita belajar banyak bgt dr kak gita. Tetep berkarya ya kak sukses terus, tetep jd kak gita yg kritis, yang bisa ngubah mindset org2 jd lebih baik dan lebih berpikiran terbuka. Semangat terus kak gita! We love u 💖💖

    ReplyDelete
  64. Ini suara dari perempuan yang cara berpikirnya menjadi lebih baik setelah tau kak gita. Selamat tahun baru, kak ❤

    ReplyDelete
  65. Another 'thank you' from me. Btw baca judul nya saya malah nyanyi. ��

    ReplyDelete
  66. Love you kakak git, I know what u mean, tetep kuat dan semoga tetep bersabar hehe yah untuk menyatukan 2 kepala aja sulit banget kak, apalagi dr bnyk persepsi, sulit memang tp sy tau kakak kuat... Semoga di tahun 2019 org2 mulai mnyadari dan belajar untuk menjadi manusia..

    ReplyDelete
  67. Terima kasih Gita, inspirasiku.

    ReplyDelete
  68. Terima kasih kak gita, terima kasih . Sungguh banyak hal dan kebaikan yang aku dapat dari perjalanan kisah hidupmu. Tak cukup aku ungkapakan disini. Sekali lagi terima kasih sudah menginspirasi kak git 💛

    ReplyDelete
  69. I love you Git.
    Semangat keberanianmu ini nular. Lama jadi followermu dan gak nyangka aku pun jadi lebih berani setelah bertahun2 merasa seperti sampah hanya gara2 terlalu dengerin apa kata orang, terlalu habis waktuku untuk jelasin ke orang2 atas berbagai macam kesalahpahaman, terlalu pusing meminta maaf untuk sesuatu yg tdk diperbuat hanya untuk diterima di lingkungan tertentu sehingga membuat aku kehilangan diriku sendiri.

    Git, asli, 2018 ini aku berhasil mempercayai diriku lagi, berhasil mengalahkan rasa takutku, dan aku berhasil lolos CPNS 2018 dg segala kendala dan keterbatasan yg aku punya.
    Tapi kali ini aku mencoba untuk lebih mencintai diriku, mendengarkan diriku, dan mempercayai diriku.

    Aku seneng jadi followermu, aku seneng bahwa aku bisa belajar banyak hal dari kamu scr GRATIS (modal kuota doang hehe), aku seneng bisa tahu gimana sih caranya berjuang dan tetap positif di tengah dunia yg serem ini. Dan aku seneng bahwa ternyata aku gak sendirian... gak sendirian ngalamin hal2 gak enak, gak sendirian berjuang melawan ketidak adilan.


    Git, makasih ya. Salam untuk ibu kamu, dari kalian berdua, aku belajar bahwa menjadi perempuan itu tidak mudah tapi kita masih bisa untuk memilih menjadi Tangguh atau tidak, menjadi Pemikir atau tidak, dan menjadi Positif di antara banyaknya hal2 Negatif di sekitar kita. Karena Ibu adalah awal dari segala perubahan di dunia ini. Sekecil apapun itu perubahannya.


    Love,
    Firda from Banda Atjeh ❤

    ReplyDelete
  70. hai kak, menunggu kak Git bahas tentang hak kemanusiaan untuk muslim uyghur

    ReplyDelete
  71. Terimakasih kak gita, sudah membawaku melihat dunia dr sisi yang lain. Aq belum bisa setangguh kamu, semoga Allah selalu merahmati n melindungimu. Tak mudah menghadapi ini semua, tp ketahuilah kalau kak gita lebih kuat dr yg kak gita tau. Thanks that all

    ReplyDelete
  72. Ditunggu buku keduanya kakak git

    ReplyDelete
  73. keren kak. mampir dikit. maulanaakbar-olan.blogspot.com

    ReplyDelete
  74. THANKS KA GITAAA,UDAH JADI PANUTAN KU

    ReplyDelete
  75. Semangat ka gita 💪💪 aku yakin orang yg slalu men-support ka gita adalah orang yg tujuan hidupnya itu sama dengan kakak yaitu menebar kebaikan. kita adalah wanita kuat bkn wanita ribet yg apa-apa ngandelin laki-laki. Fighting!!!

    ReplyDelete
  76. 💜💜💜💜💜💜💜💜💜💜

    ReplyDelete
  77. Makasih kak gita karena sudah menjadi sosok yang menginspirasiku, terutama karna blog kakak yg sangat inspiring ini, aku jadi bersemangat untuk menulis lebih sering lagi. Ya walaupun viewersnya belum banyak, ga masalah. Toh kak gita pun pasti awalnya memulai dari hal kecil sebelum jadi sebesar ini.
    Semangat kak gita!!!
    Kalo ada waktu tolong kunjungi blog aku yaa "Diaryri" , aku tunggu komentar dari kakak hehhee

    ReplyDelete
  78. Terus menginspirasi orang banyak, Git! We love you

    ReplyDelete
  79. thank you Gita, keep be inspiring in 2019.

    ReplyDelete
  80. Thank you kak buat inspirasinya.. Dobrak seorang introvert To be confidence 🙏

    ReplyDelete
  81. Kak Gita kami ada buat kak Gita, tetep jdi kak Gita ya rasanya semangat trus abis liat kakak, terimakasih kak sudah jdi contoh yg nyata dan baik buat org org yg mencintai kakak,makasih nian e

    ReplyDelete
  82. Hai kak @gitasav , meskipun aku cowok tapi aku bangga liat kakak yang tangguh gitu. Aku sembari melihat diriku sendiri, rasanya aku gagal banget jadi cowok kalau aku pemikirannya gak terbuka dan malah ikut2an arus yang sedang tren sekarang. Berkat video dan tulisan kakak aku jadi open mind about everything ya meksipun pelan pelan sih. Aku angkatan 2000 kak, merasa punya tanggung jawab besar ke negara ini dan aku juga harus bisa punya pandangan sendiri untuk memajukan negara ini. Makasih banget loh kak atas inspirasinya. Sukses terus ya. Btw kita sama sama #INTJ hehe. Salam dari Banyumas, Jawa Tengah!

    ReplyDelete
  83. kakak adalah orang pertama yang membuatku ngerti ternyata emang gini hidup menjadi manusia diusia awal 20-an ini. aku sering bingung sama hidupku, tapi gatau kenapa alasannya. dan pada saat sering nonton beropininya kakak, trus jadi tau blog-nya kakak. aku lebih memahami ternyata emang wajar hidup kayak gini. ternyata bukan akunya yang aneh karena beda standar sama masyarakat pada umumnya. kakak yang juga menjadi jalan dimana aku tau bahwa setiap manusia punya fasenya masing-masing, so proud of you kak, semoga aku juga bisa strong dalam menjalani diri dan hidup ini

    ReplyDelete
  84. terima kasih atas segala inspirasinya kak. semangat kak!!

    ReplyDelete
  85. nooooo, kak you are so cooollll. thankyou kakkk sudah menjadi salah satu inspirator ku. terimakasih sudah menjadi the real kak gita. love love love

    ReplyDelete
  86. Makasi kak git.., udah jadi inspirasi buat kita semua, semoga sehat selalu dan jadi pribadai lebih kuat lagi, selalu nyuarain keadilan apalagi buat cewe, makasi karena bikin aku sadar buat ngga ngehakimin org dari satu sisi,makasi karena udah bikin pemikiran aku sedikit terbuka dg mau dengerin pendapat org lain... Sekali lagi makasi kak git...

    ReplyDelete
  87. Tengkyu sudah menginspirasi mbak! Tengkyu sudah menyadarkan diri ini kalau masih banyaaak yg perlu dipelajari, kalo masih banyak yg harus dibaca dan dipahami, kalo dunia itu seluas dan seberagam itu, kalo orang-orang itu banyak macam & sifatnya, kalo hidup nggak cuma haha hihi mikirin diri sendiri, kalo kebaikan sekecil apapun nggak akan pernah sia-sia dan tetap berharga, dan juga yg paling penting, tengkyu sudah jadi 'tentor' untuk membuka mata, hati, & pikiran tentang selalu menghargai dan menghormati orang lain sebagai manusia, entah apapun latar belakang atau polah mereka. Keep going ya mbak!!

    Semoga mbak dan keluarga senantiasa sehat dan dilimpahi keberkahan. Aamiin

    ReplyDelete
  88. Baru baca ini di 2019. Terimakasih kak gita karna secara tidak langsung sudah mengajarkan saya untuk tidak menjadi manusia yang egois lewat tulisan2 kak gita. Terimakasih banyak kak karna tetep berani speak up dan terus menebar kebaikan. Tetep semangat terus kak gita, dan sukses terus kak gita aamiin

    ReplyDelete
  89. Curahan hati yang sangat dalam sampai membuat pembaca menjadi tersentuh. Salut sama kak gita yang terus berjuang untuk kebenaran dan menghargai
    plus mencintai diri sendiri tanpa perduli tanggapan buruk orang . berharap aku bisa terus semangat sepertimu kak git . semoga bisa terus seperti itu ya kak dan di dunia ini semoga bisa terus memihak orang seperti kakak yang ngak putus asa sama keinginan untuk dunia yang lebih baik.

    ReplyDelete
  90. tidak mudah jadi diri sendiri, lingkungan kadang 'memaksa' bagaimana kita seharusnya di mata mereka. Berbahagialah sesiapa saja yang telah menemukan rumahnya, karena di luar sana banyak yang tidak tahu kemana lagi harus pulang..

    ReplyDelete
  91. Makasih kak Git, atas inspirasinya
    Tetap semangat :)

    ReplyDelete
  92. thanks for be my motivator kak
    sekarang gue lagi down, lagi berada di level cobaan yg sangat menguji banget
    tapi gue selalu doktrin pikiran gue kalo gue harus kuat dan dewasa, gue selalu ngaca sama lu kak
    thanks banget banget udah ngubah cara pandang gue terhadap segala sesuatu yg ada didunia ini

    ReplyDelete
  93. makasih git, sudah mencintai dan jadi diri sendiri, sorry baru baca tulisan yg selalu bikin gue malu karena segede ini masih jadi orang lain. rentang kisah yg selalu gue inget, ucapan terima kasih loe ke diri loe sendiri.

    ReplyDelete
  94. kak gitaaa 2019 belum ada catatan lagi, aku rindu tulisan-tulisan kak Git ni ><

    ReplyDelete
  95. Kak Git, kita nungguin nih updatean kakak di tahun 2019 :( Sukses slalu kak Git ^^

    ReplyDelete
  96. I love this post.

    Kadang kita terlalu sibuk mencari kebaikan diluar dan lupa berterimakasih kepada diri sendiri.

    Semangat kak gita ^^

    ReplyDelete
  97. I adore you, Git ... Terus menginspirasi, please :)

    ReplyDelete
  98. aku merasa beruntung di perkenalkan tuhan lebih awal sama kak gita, thanks kak git untu semuanya. tetap semangat ya kak

    ReplyDelete
  99. aku merasa beruntung dikenalin tuhan untuk tau kak gita lebih awal. thanks kak untuk semuanya, semua inspirasi dan kerja keras kak gita. semangat kak gitaaa

    ReplyDelete
  100. gita, u are my inspiration🖤

    ReplyDelete
  101. udah bulan 3 di tahun 2019 nih kak Git, ditunggu update terbarunya :D

    ReplyDelete
  102. Semagat kak gita. Kami selalu mendukungmu. Dan terima kasih buat semangat yang kak gita yang gak pernah menyerah.

    ReplyDelete
  103. Kak gita, pingin wawancara kak gita. Suatu saat nanti. Kita pasti bakalan ketemu.

    ReplyDelete
  104. Kok nggak diupdate lagi kak ?

    ReplyDelete
  105. Terima kasih ka gita untuk semuanya..
    Terima kasih ntuk slalu memotivasi kita semua♥
    Semoga ka gita di beri kesehatan dan kebahagiaan selalu🙏

    ReplyDelete
  106. Semangat kak gitaa ... i'm so proud of you

    ReplyDelete
  107. Semangat kak gitaa.... i'm so proud of you

    ReplyDelete
  108. Terimakasih kak gita , aku merasa lebih semangat untuk berjuang lagi, demi kehidupan yang adil

    ReplyDelete
  109. terima kasih banyak kak git atas tulisannya :)

    ReplyDelete
  110. This made me contemplating my life a few bits. Keep rocking Kak Git! :'D

    ReplyDelete
  111. thank u kagit sangat menginspirasi..
    yang butuh bunga papan untuk wedding or dukacita yuk mampir
    Toko Bunga Kelapa Gading

    ReplyDelete

Show your respect and no rude comment,please.

Blog Design Created by pipdig