by Gita Savitri Devi

9/03/2012

TEDxBerlin 2012

Gile... Jum'at kemaren gue bener-bener mobile banget. Kesana-kemari langkah kaki tak pernah henti gini. Di awali dengan gue yang beberapa hari ini puasa untuk ngeganti puasa ramadhan kemaren, which means jadwal tidur berkurang. Gue tidur jam setengah 5 pagi dan bangun kira-kira jam 9. Karena hari itu adalah hari terakhir dari weekdays, gue nggak ada waktu lagi dong untuk nanya tentang Einschreibung-nya Devi di TU. Jadi gue harus kesana, harus, pake banget. Soalnya ini udah berhubungan dengan masa depan, masa depan orang pula. Alhamdulillah banget ternyata gue nggak perlu ke ABH atau gimana. Einschreibung bisa di lakukan pake Studienvorbereitungsvisum. First problem has been solved.

Sewaktu gue sedang bertanya-tanya sama ibu-ibu yang super ramah itu, gue cuma bawa satu kertas Krankenversicherung. Iya, cuma Erklärung-nya doang. Disitu gue panik. Kenapa? Soalnya gue juga cuma ngasih itu ke FU 10 hari yang lalu. Bayangin, 10 hari yang lalu. Gue bener-bener khawatir banget takut karena dokumen gue kurang, terus gue nggak bisa dapet Immatrikulationsbescheinigung. Akhirnya dari TU gue langsung cepet-cepet pulang lagi untuk ambil kertas asuransi gue dan Zulassung FU beserta ngeprint tiket TEDxBerlin. Jadi gue udah nggak ada waktu lagi untuk pulang lagi abis dari FU. Nyampe kampus gue langsung ke info-service. Gue curhat aja deh tentang gue yang nggak tau kalo ternyata formulir yang dari asuransi harus dikasih juga ke Uni. Dia bilang itu terjadi sometimes dan gue nggak perlu khawatir. Fiuhhh... Alhamdulillah yang jadi front-desk hari ini semuanya baik-baik banget. Jawabnya pake senyum dan nggak jutek bikin sekut.

Keluar dari FU Berlin gue ngerasain suasana kampusnya super nyaman dan enak abis. Asri nggak bising, berasa lagi di menteng. Asli. Terus tiba-tiba gue jatuh cinta gitu sama itu daerah. Sayangnya gue tidak bisa berlama-lama disana karena gue harus meluncur segera ke Messe ICC. Itu ibarat JCC di Jakarta gitu, tempat event-event dan pameran. Iyoi coooyyy... 31 Agustus 2012 : TEDxBerlin. Mantap jaya!
Gue udah nunggu-nunggu banget nih acara. Abisnya kan di Twitter waktu itu pada jadi volunteer TEDxJakarta gitu, terus ada TEDxBandung juga kalo nggak salah ya? Terus gue liat di YouTube, event nya menarik banget gitu. Technology, Entertainment, and Design. Keren. Tahun lalu dan beberapa tahun lalu-lalu event ini udah ada di Berlin, tapi karena I had no idea jadi ya gue nggak tau dong hehehe. But whatever, tahun 2012 gue ikutan.

Speakers nya wow-wow banget. Ada CEO Telefonica Germany, yang punya provider O2, tissue engineer, CEO tape.tv, co-founder The Ardunio Project, biological engineer, design engineer, award-winning designer, professor FU Berlin, media technologist, chairman Gamification Summit, dan scientific head suatu foundation berbasis di Hamburg. Mereka-mereka nggak cuma orang Jerman. In fact, cuma three of the speakers yang orang Jerman. Kebanyakan dateng dari USA dan ada orang UK juga. Tema secara umum dari Veranstaltung ini adalah "Future 3.0". Apa yang sedang dikembangkan orang-orang pada masa sekarang dan apa kemungkinan yang terjadi di masa depan di bidang teknologi, desain, sains, entertainment, kultur, dan lain-lain. Yang keren banget adalah di bidang sains dan teknologi. Berhubung gue suka banget sama dua hal ini, gue terpukau gitu sewaktu Nina Gaissert ngejelasin tentang Bionic Learning Network. Orang-orang yang bekerja disitu (Engineers, designers, dan researchers) membuat--so--called--robot yang terinspirasi dari alam. Misalnya robotic version dari jellyfish, stingray, dan burung. Robot ini udah dibuat. Udah ada. Keren banget. Terus ada robotic gloves yang dibuat terinspirasi dari movement jari-jari tangan kita. Mereka juga ngembangin suatu alat yang bisa digerakan hanya menggunakan otak. Ada juga Laurence Kemball-Cook yang memiliki ide untuk membuat energy source dari manusia itu sendiri. Dia ngebuat suatu alat namanya Pavegen System. Alat ini kalau diloncatin, akan menghasilkan energi. Kita bahkan bisa ngecharge hape dari loncat-loncatin alat ini. Cara kerjanya adalah meng-convert energi kinetik dari loncatan yang kita lakuin ke listrik. Si professor FU, Raul Rojas has been working on a car without driver. Jadi itu mobil bisa jalan sendiri dan dilengkapi dengan banyak sensor dan kamera. GPS di mobil itu juga akurat banget, 5-10 cm. Di bandingkan sama GPS di mobil pada umumnya yang cuma punya akuransi 10-15 meter. Mobil ini pun udah test-drive ke Brandenburger Tor. Mantep abis ya.
Terus Nina Tandon, sang tissue engineer juga lagi ngembangin teknologi agar transplantasi organ--bahkan--tulang jadi lebih mudah. Selama ini kalau transplantasi, kita juga harus mikirin supaya sel kita bisa menerima organ baru itu. Sekarang ibaratnya jantung bisa "dijual bebas" ke orang yang butuh, karena transplantasinya udah gampang.





Laurence Kemball-Cook



Berhubung tadi speakers nya banyak, jadi nggak mungkin gue ceritain semua. Intinya gue sangat terinspirasi oleh mereka. Gile coy, mereka rata-rata masih muda, tapi ide mereka udah keren banget. Bukan cuma ngasih ide, tapi beneran ngerealisasiin. Yang gue tangkep sih intinya focus on what you're doing and be the creator, not the consumer.
Gue pikir-pikir tiket yang harganya 30 euro sangat-sangat worth it untuk ngedenger orang-orang ini sharing ide-ide luar biasa mereka. Kalau gue nggak kesini, gue nggak akan tau kalo ternyata jumlah telepon selular di dunia lebih banyak dari jumlah sikat gigi. Gue juga nggak akan tau kalo ada teknologi lampu LED yang bisa nge-capture movement dan motion manusia, terus kemudian ditiru pake lampu-lampu itu. Terus gue juga nggak bakal tau kalo ternyata video games bisa ningkatin IQ dan kemampuan untuk meng-handle keadaan yang belom pernah di alami sebelumnya. Ahsyedap.

Setelah acara selesai masing-masing peserta dikasih goodie bag gitu. Isinya macem-macem. Ada sticker, voucher Wonderpots, majalan, dan minuman. Ngomong-ngomong minumannya enyak banget :9






Pokoknya it was a great day, deh. I learned a lot!
Share:

1 comment

  1. Kalau km inspirasiku git.

    Kejahuan jg Kalau harus kesana hehehe.

    Thx for info :))

    ReplyDelete

Show your respect and no rude comment,please.

Blog Design Created by pipdig